Sabtu, 28 April 2012

Alam bersifat TRADE OFF

Trade off artinya jual beli, hubungannya dengan alam adalah prinsip yang berlaku di alam ini atau dalam kehidupan ini adalah trade off, perdagangan. Artinya kita harus membeli sesuatu yang kita inginkan dengan nilai tukar tertentu.

1. Jika kita ingin bahagia, maka kita siap membelinya dengan pengorbanan dan penderitaan. Mengorbankan waktu untuk belajar dan mengorbankan harta untuk belajar dan memahami orang lain. Bersusah payah untuk beribadah dan mengenal tuhan dengan segenap kesanggupan kita, melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya.

2. Jika kita ingin berhasil dalam suatu bidang maka kita harus berani membelinya dengan kerja keras dan visi yang jelas. Membuat hal tersebut perlu biaya,waktu dan pengetahuan.

Menurut orang-orang bijak, jika kita menanam padi pasti akan tumbuh rumput, tapi kalau menanam rumput tidak akan tumbuh padi. Perumpamaan itu sekedar mau menggambarkan bahwa rumput itu kehidupan dunia sedang padi adalah kehidupan akhirat atau alam goib setelah kematian manusia yang abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar