Kamis, 13 Desember 2012

Apa beda orang benar dan orang baik ?

Banyak orang berstandar beda menilai seseorang itu dia benar atau dia orang baik, akibat dari kesalahan itu yang akan menjadi korban adalah yang menilai karena ternyata salah. Hal ini banyak terjadi saat kita menilai calon pasangan kita atau teman dan sahabat. Agar tidak salah menilai orang maka perlu kejelasan dan ketegasan apa beda benar dan baik.

1. Orang yang benar adalah orang yang berpegang kepada ajaran tuhan apapun agamanya, hidupnya dikendalikan oleh ketaatan kepada tuhan. Dia mengikuti pendapat tuhan bukan pendapat orang atau pendapat dirinya. Orang yang benar semua tindakannya akan sesuai dengan hukum alam sebab akibat dan hukum universalitas atau dalam islam disebut dengan sunnatulloh.
Sedang orang yang baik mengikuti pendapat orang lain atau baik dan buruk itu standarnya menurut orang lain atau kebanyakan orang. Biasanya orang yang benar dan baik itu bertentangan. Orang yang benar belum tentu baik dan orang yang baik belum tentu benar.

2. Orang yang benar percaya kepada tuhan sedang orang yang baik percaya kepada dirinya dan orang lain. Percaya diri itu memang baik tetapi belum tentu benar, ada orang yang tidak percaya diri tetapi percaya kepada tuhan hal itu membuat dirinya kelihatan lebih yakin dan kuat dimata orang lain melebiohi kepercayaan kepada dirinya.

3. Orang yang benar selalu berjalan lurus jarang menoleh dan berbelok kekiri atau kekanan dalam hidupnya, maksudnya dalam prinsip-prinsip kehidupannya, karena dia yakin akan sebuah kebenaran dan tampil percaya diri sekali di mata orang lain, buat mereka lingkungan yang akan mengikuti mereka bukan mereka yang akan terpengaruh oleh lingkungan. Sedang orang baik sebaliknya sangat tergantung oleh lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar