Sabtu, 08 Desember 2012

Mau wisata ke Jember ?


Tapal Kuda, adalah nama sebuah kawasan di provinsi Jawa Timur, tepatnya di bagian timur provinsi tersebut. Dinamakan Tapal Kuda, karena bentuk kawasan tersebut dalam peta mirip dengan bentuk tapal kuda. Kawasan Tapal Kuda meliputi Pasuruan (bagian timur), Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.
Menurut sejarahnya, daerah Tapal Kuda ini dahulu disebut dengan Blambangan atau dalam budaya Jawa disebut daerah bang wetan (seberang timur), karena kawasan ini tidak pernah menjadi bagian dari kerajaan Mataram, karena tidak dikenal sebelum imigran dari kawasan Mataraman berpindah mengisi kawasan pesisir selatan. Namun kini istilah Blambangan hanya ditujukan untuk wilayah yang sekarang masuk Kabupaten Banyuwangi.
Kawasan Tapal Kuda terdapat tiga pegunungan besar: Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru, Pegunungan Iyang (dengan puncak tertingginya Gunung Argopuro), dan Dataran Tinggi Ijen (dengan puncak tertingginya Gunung Raung).
Ciri khas kawasan ini adalah dihuni oleh Suku Madura dan Suku Jawa. Suku Madura bahkan mayoritas di beberapa tempat, khususnya di bagian utara; sebagian besar tidak dapat berbahasa Jawa, meski tinggal di lingkungan Jawa. Kawasan tapal kuda seringkali dianggap sebag`i daerah terbelakang di Jawa Timur, karena berdasarkan peta Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Timur, kawasan ini berada pada jajaran yang paling rendah.
Kota-kota besar di k`wasan Tapal Kuda adalah Probolinggo, Pasuruan, dan Jember. Jember merupakan kota pendidikan, dimana terdapat perguruan tinggi negeri Universitas Jember.
Dalam bahasa Inggris daerah ini disebut sebagai The Eastern Salient dan dalam bahasa Belanda sebagai De Oosthoek yang dua-du`nya berarti "pojok timur".

Pergi Wisata ke Jember !

Jember adalah kota dengan banyak tempat wisata yang menarik dan unik, apa saja ...?
Alun-alun Jember
Alun-alun Jember adalah tempat dimana masyarakat banyak melakukan kegiatan refreshing. Mulai dari berolahraga maupun hanya nongkrong di seputar alun-alun. Pemerintah kota Jember membangun sebuah alun-alun yang cukup luas, dilengkapi dengan sarana olahraga seperti lapangan basket dan lapangan volley, serta adanya taman bermain di sebelah utara alun-alun. Di tengah alun-alun, terhampar lapangan rumput yang cukup luas, yang biasanya digunakan untuk upacara kenegaraan maupun untuk bermain sepak bola. Ada juga deretan pohon kelapa yang berjejer rapi, menambah asri suasana di alun-alun kota ini. Di sekitar alun-alun. ada beberapa tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Ada juga beberapa bank yang memperlihatkan kesibukan perekonomian kota Jember.
suasana alun-alun kota di waktu malam
denah alun-alun kota Jember
Dataran tinggi Rembangan
12 km ke arah utara, ada suatu dataran tinggi yang menjadi tempat tongkrongan anak muda Jember. Tempat ini bernama Rembangan. Dari Rembangan kita bisa melihat suasana kota Jember di waktu malam. Kelap-kelip lampu kota yang dilihat dari tempat tinggi terlihat begitu indah, ditambah lagi dengan suasana yang sejuk (jauh lebih dingin daerah Batu - Malang) menambah suasana terasa romantis. Banyak warung-warung di sepanjang jalan yang berjualan kopi, roti bakar, jagung bakar dan panganan lainnya. Semakin ke atas, kita bisa menemukan tempat Agrowisata buah naga dan sebuah hotel yang cukup bagus dan nyaman untuk menginap.
Agrowisata Buah Naga
Hotel Rembangan
Taman Botani
Di daerah Sukorambi, ada satu taman bermain yang cukup menarik dengan fasilitas yang cukup lengkap. Taman Botani dibangun dengan tujuan sebagai tempat rekreasi sambil belajar. Dengan membeli tiket masuk Rp. 6.000 di hari biasa atau Rp. 7.000 di hari minggu, kita bisa menikmati sejuknya taman di tengah panasnya cuaca kota Jember. Fasilitas yang disediakan cukup beragam, di antaranya kebun tanaman mulai dari tanaman herbal, bunga dan buah-buahan, kandang kuda, kolam renang dan area bermain outbond yang cukup menantang untuk memacu adrenalin.
sarana outbond Taman Botani
kolam renang di Taman Botani
Taman Galaxy
Taman ini terletak di daerah kecamatan Mumbulsari Jember. Bila kita sampai disana di pagi atau sore hari, taman ini cukup menarik tetapi kalau siang taman ini panas sekali karena kurangnya pohon-pohon yang bisa menaungi dari terik matahari. Selain beberapa macam jenis tanaman, taman ini juga mempunyai beberapa koleksi hewan yang cukup menarik. Sayangnya, kita tidak boleh mengambil gambar tanpa ada alasan yang jelas dari pengelola.
Buat saya, yang lebih menarik adalah sepanjang jalan menuju ke taman ini. Dalam perjalanan menuju ke sana, kita disuguhi pemandangan yang sangat menarik. Banyak rumah-rumah tradisional tempat mengeringkan tembakau yang terletak di tengah area persawahan yang hijau. Ada juga kebun karet yang tertata dengan rapi dan apik, membuat perjalanan menuju kesana menjadi tidak membosankan.

Wisata Agro Glantangan
Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tempurejo, 35 km ke arah tenggara kota Jember. Dengan tiket masuk yang cukup murah, Rp. 2.000 /orang, dan karcis parkir Rp. 1.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda 4, kita bisa menikmati sejuknya taman yang berada di tengah area perkebunan. Ada sebuah kolam renang dan juga kolam untuk bermain sepeda air yang disediakan pengelola.
kolam di WAG

Pantai Watuulo
Pantai ini terletak 40 km di sebelah selatan kota Jember. Tepatnya di daerah Kecamatan Ambulu Jember. Untuk menikmati deburan ombak di pantai ini, kita tidak dipungut biaya. Di pantai ini sering diadakan berbagai acara seperti Pekan Raya yang biasanya diadakan tiap tanggal 1 - 10 Syawal (setelah Lebaran).
Dinamakan Watuulo karena ada sekelompok batu yang berderet memanjang yang membentuk seperti ular. Menurut cerita rakyat, dikatakan bahwa pada zaman dulu kala ada sebuah ular yang sedang bertapa di pantai itu. Setelah terkabul permohonannya kepada Yang Maha Kuasa maka berwujudlah ia menjadi sebuah batu yang persis seekor ular dengan kepalanya menjulur ke laut, sedang badannya berada di daratan.
batu yang berderet panjang menyerupai tlar
pasir sepanjang pantai Watuulo

Tanjung Papuma
Setelah kita mengunjungi pantai Watuulo, kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Tanjung Papuma. Terletak bersebelahan dengan pantai Watuulo, tanjung ini memiliki tekstur yang berbeda. Pasir di tanjung ini berwarna putih bersih, padahal hanya berjarak beberapa kilometer dari pantai Watuulo.
Di tanjung ini kita bisa menikmati suasana pantai yang indah dan sejuk. Selain itu, kita juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang baru pulang melaut. Suasana di tanjung ini cukup sejuk karena ada pepohonan yang cukup rindang di sepanjang pantai. Ada juga beberapa cottage yang disewakan bila kita ingin menginap untuk menikmati sunset maupun sunrise.
Tanjung Papuma dilihat dari atas
pasir putih Tanjung Papuma
TPI Puger
Bagi yang ingin membeli ikan laut segar, bisa mencoba untuk trip ke TPI Puger yang terletak di kecamatan Puger. Selain bisa membeli di para penjual di sekitar TPI, kita juga bisa menawar langsung dari para nelayan yang baru pulang melaut. Banyak jenis ikan yang ditawarkan disini, mulai dari tongkol, tuna, bandeng, cumi-cumi, kerang dan ikan-ikan lainnya. Yang penting adalah pintar-pintarnya kita untuk memilih ikan yang masih segar dan tawar menawar dengan penjual untuk memperoleh harga yang murah.
aktivitas nelayan Puger
ikan hasil tangkapan nelayan Puger

PANTAI BANDEALIT

Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pantai Bandealit menawarkan panorama yang mempesona dan indah untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di sebelah selatan kota Jember, sekitar 35 Km dari pusat kota. Pantai Bandealit terletak bersebelahan dengan pantai Sukamade dan memiliki ombak yang tenang dan berpadu dengan keindahan alam yang hijau.
Walaupun memiliki ombak yang tenang, di p`ntai ini pengunjung bisa melakukan kegiatan olah raga air seperti selancar angin, memancing dan berenang juga tidak ketinggalan.
Karena pantai Bandealit merupakan teluk yang banyak akan ikan, makan memancing di obyek wisata ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan dikala senggang.
Obyek wisata lain yang bisa dikunjungi adalah Gunung Sodung, dimana para pengunjung bisa melakukan turung tebing dengan ketinggian 100 M; Goa Jepang dan Muara timur juga bisa dimasukkan daftar kunjungan.
Jember Jember

Air Terjun Tancak

JemberAir terjun ini terletak di 16 Km arah barat daya kota Jember. Suasana yang hijau di sekitar air terjun membuat kunjungan akan semakin mengasyikkan, melewati jalan setapak kurang lebih 4 Km.
Selama perjalanan menuju ke air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang eksotis dari agri wisata Kebun Kopi Gunnung Pasang, dengan dramatis pemetik kopi di sana sininya.
Air Terjun Tancak memiliki ketinggial 82 M dan debit air 150 meter kubik per detik, dan memiliki lintasan pendakian yang aman. Patut dikunjungi bagi mereka yang suka akan tantangan alam.

 

 

 

 

 

PERKEBUNAN TEH GUNUNG GAMBIR

JemberPerkebunan Teh Gunung Gambir terletak di 48Km arah timur laut Kota Jember. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut.
Perkebunan teh Gunung Gambir terletak di lereng gunung Argopuro dan merupakan penghasil teh yang cukup potensial. Di sini pengunjung bisa menyaksikan para pemetik teh bekerja dan melihat bagaimana proses pembuatan teh hingga siap minum.
Selain itu disediakan juga fasilitas seperti lapangan tenis, kolam renang, taman bermain dan masih banyak lagi untuk mendukung liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung.

PEMANDIAN OLENG SIBUTONG

JemberObyek wisata pemandian Oleng Sibutong, terletak 10 km arah utara kota Jember merupakan lokasi wisata yang sangat sesuai untuk rekreasi keluarga.
Nama Oleng Sibutong, berasal dari nama ikan Uling, sejenis belut yang buntung, yang secara logat madura disebut Butong.
Ikan Uling selalu muncul di mata air yang digunakan untuk mengisi kolam. 
  

PEMANDIAN PETEMON

JemberKeindahan air dan sejuknya suasana di Patemon sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandian Patemon telah berdiri sejak jaman Belanda.
Pemandian ini bisa menghasilkan debit air sebanyak 198 meter kubik per detik. Pemandian Patemon terletak di bagian utara Tanggul, tepatnya 30 Km ke arah barat kota Jember. Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati indahnya suasana di sekitar kolam bersama keluarga dan atau sahabat. 


AIR TERJUN LERENG RAUNG

JemberLereng Raung berada di 32 Km arah timur laut Jember, dimana terdapat tiga jenis air terjun dengan ketinggian masing-masing 25 M. Jarak antara satu air terjun dengan lainnya harus ditempuh dengan jalan kaki sepanjang 1,5 Km menyusuri sungai.
Nama air terjun ini berasal dari nama sumber air terjun itu sendiri yaitu Gunung Raung. Tepatnya terletak di desa Rowosari, kecamatan Sumberjambe, Jember. Suasana yang hijau dan asri ditambah dengan aroma buah durian yang semerba
  







OBYEK WISATA BEDADUNG

JemberObyek wisata ini terletak di sisi Sungai Bedadung, salah satu sungai di Jember. Pada situs ini, pengunjung dan keluarga mereka bisa memanfatkan waktu dengan naik perahu air dan bersepeda, menikmati kolam renang dan fasilitas lainnya untuk anak-anak.
Selain itu, para pengunjung bisa memancing di obyek wisata ini. Sebagai sarana pendukung, disediakan satu ruang untuk beristirahat saat berada di lokasi. 

WISATA PERJALANAN LORI

JemberWisata perjalanan lori dikelola oleh Perumka Daop X Jember dari Garahan ke Terowongan Merawan. Terowongan merawan adalah terowongan Kereta Api terpanjang di Indonesia yang merupakan peninggalan kolonial Belanda untuk Indonesia.
Paket wisata ini mengantarkan wisatawan untuk menikmati agrowisata Gunung Kumitir berikut perkebunan Kopinya dan Agrowisata Terpentin, yaitu bahan pembuat cat.
Bagi wisatawan Eropa yang memiliki kenangan masa lampau di Indonesi, wisata Lori ini merupakan nostalgia tersendiri bagi mereka. Ditambah lagi, pemandangan yang indah di sela-sela perjalanan akan memberikan sentuhan drmatis bagi siapa saja yang mengikuti tour ini. 

PEMANDIAN KEBON AGUNG

JemberPemandian Kebon Agung terletak 3 Km arah utara kota Jember, tepatnya berada di desa Kebonagung, kecamatan Kaliwates, Jember, dan terletak di jetinggian 110 M dari permukaan laut.
Wisata pemandian ini mempunyai kolam renang yang nyaman dan aman untuk pengunjung. Terdapat dua buah kolam renang dari sumber mata air Watu Remuk untuk dewasa dan anak-anak, dengan ukuran panjang 50 M, lebar 20 M dan terdapat 8 jalur kolam.
Pemandian Kebon Agung bukan hanya sekedar pemandian, tapi juga tempat rekreasi keluarga dengan sumber air yang terus mengalir tanpa henti. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung seperti hotel, taman bermain, restaurant dll.

TARI KUDA MENARI

JemberMasyarakat Jember telah lama memiliki seni tradisional yang dikenal sebagai "Kuda Menari". Tarian ini dibawakan saat digelar satu pesta besar.
Kuda Menari adalah sebuah tarian xang unik yang dapat ditemukan di Jember. Saat ini, seni kuda menari tidak hanya digunakan untuk pesta-pesta tetapi juga untuk karnaval dan festival. Dengan kata lain, seni kuda menari telah menjadi obyek wisata di Jember.
  


TARIAN LAHBOKO

JemberTarian Lahboko adalah tarian tradisional masyarakat Jember. Nama tarian Lahbako ini berasal dari kata Lah dan Bako. Lah berarti mengolah dan bako berarti tembakau.
Tarian ini merupakan tarian tradisional Jember yang menggambarkan proses penanaman dan pemanenan tembakau, mengingat kabupaten Jember adalah salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia.

 Lapangan Golf Glantangan



Objek Lapangan Golf Glantangan terletak di desa Pondok Rejo kecamatan Tempurejo yang berjarak sekitar 20 km sebelah Selatan dari Kota Jember. Lapangan golf ini berada pada ketinggian ±100 dpl  dengan luas areal ±25 Ha. Fasilitas penunjang yang ada lain pos jaga, kantor pengelola, areal parkir, cafetaria, supermarket dan penginapan 

Pemandian Niagara Ambulu

Berjarak + 20 km ke arah selatan Kota Jember, obyek wisata yang dikenal dengan nama Niagara Water Park terletak di wilayah perkotaan Ambulu. Pemandian ini menawarkan kesegaran mata air dan pemandangan alami perdesaan. Di tempat ini tersedia 3 kolam renang untuk berbagai ukuran bagi anak-anak dan dewasa serta fasilitas pemandian lainnya.

Agrowisata Kopi dan Kakao

Obyek wisata ini dimiliki oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao berada di Kebun Percobaan Kaliwining Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji yang berjarak sekitar ± 20 km arah selatan kota Jember. Daya tarik yang ditawarkan adalah melihat budidaya tanaman kopi, kakao, tembakau, karet dan jati pusaka, melihat prosesing benih kakao, melihat gudang pengering tembakau konvensional, melihat aktivitas penelitian di laboratorium, melihat aktifitas di kebun, serta pembelian bibit di lokasi.

 

 

Obyek Wisata Lori Tebu Semboro.


Objek wisata Lori Tour PG. Semboro berlokasi di desa Semboro kecamatan Semboro Kabupaten Jember yang berjarak ± 36 km ke arah barat kota Jember menuju Kabupaten Lumajang. Daya tarik utama objek Lori Tour PG. Semboro  adalah pabrik pengolahan tebu didirikan oleh Belanda pada tahun 1921. Selain itu pengunjung dapat melihat pemandangan alam, tanaman tebu, jeruk, rambutan, salak, tanaman pangan serta puing-puing bekas pabrik dari atas lori.

Agro Wisata Gunung Gambir

Berada di dataran tinggi + 1.200 m dpl, tepatnya di lereng Gunung Argopuro, Agrowisata Gunung Gambir termasuk dalam Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru. Kawasan ini merupakan obyek agrowisata dengan komoditi teh. Di tempat ini, para wisatawan dapat mengamati secara langsung proses pengolahan teh, mulai dari memasukkan daun teh ke dalam cerobong pengolahan sampai menjadi teh olahan yang siap dikemas untuk dipasarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar