Jumat, 28 Desember 2012

Mengapa penting diajarkan Pengembangan Diri di Sekolah ?

Pengajaran Pengembangan Diri bertujuan untuk merubah cara pandang atau paradigma berfikir siswa atau manusia siapapun dari cara pandang salah menjadi benar dari buruk menjadi baik. Cara pandang atau opini atau pendapat ini akan sangat menentukan sikap perilaku manusia atau tindakan mereka, keputusan mereka tentang segala sesuatu. Paradigma ini dipengaruhi oleh informasi yang masuk dan Informasi ini berasal dari lingkungan. Jika ingin memperbaiki manusia maka perbaiki cara pandangnya terhadap fenomena yang ada.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengajaran Pengembangan Diri adalah :
1. Merubah cara pandang adalah merubah kebiasaan maka lakukan terus menerus.
Pembinaan dan masuknya informasi terus menerus akan membuat seseorang merubah cara pandangnya, tidak dilakukan hanya sekali atau dua kali.

2. Mentor terpercaya yang bisa menjadi motivator sejati dan tahu betul tentang kebenaran hidup.
Seorang mentor adalah pembimbing yang bisa memberikan contoh sikap perilaku yang benar bukan hanya dalam ucapan dan mereka harus mengerti dan mempunyai wawasan yang luas tentang manusia dan tentang hidup.

Jika seseorang telah mengerti untuk apa hidup ini sebenarnya, maka jadilah mereka pribadi yang berkualitas seperti yang diharapkan pendidikan, seperti ajaran tuhan dengan latar agama apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar