Rabu, 01 Mei 2013

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna - LintasCinta.com - Alhamdulillah update lagi kali ini akan berbagi informasi Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna, sebelumnya berbagi informasi Khasiat Buah Naga.

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna, Setiap buah dan sayur dengan warna berbeda memiliki manfaat yang berbeda pula. Apa saja manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya, yuk langsungs aja disimak di bawah ini:

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna

1. Merah
Buah berwarna merah contohnya tomat, semangka, anggur dan pepaya. Buah-buahan ini mengandung phytochemical (zat warna yang melekat di kulit buah) berupa likopen. Likopen tersebut selain memberikan warna merah pada buah juga efektif sebagai zat antioksidan. Dengan kandungan antioksidan tersebut bisa membuat tubuh mampu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker seperti prostat.

2. Hijau
Buah-buahan berwarna hijau mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin. Kandungan lutein dan zeaxanthin tersebut selain memberikan warna hijau juga terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, dapat menghambat dan menahan perkembangan sel kanker yang hidup, menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur berwarna hijau di antaranya bayam, brokoli, sawi dan kale.

3. Oranye/Kuning
Buah-buahan berwarna kuning banyak mengandung beta carotene. Berdasarkan penelitian kandungan beta karoten dalam sayur dan buah bisa meningkatkan sistem imun, penglihatan dan masalah lainnya yang umum dialami setelah usia bertambah. Buah dan sayur berwarna oranye/kuning ini di antaranya labu, jeruk, mangga, wortel dan aprikot.

4. Biru/Ungu
Buah-buahan berwarna biru mengandung pigmen antosianin dan flavonoin. Kedua pigmen itulah yang memberikan warna alami biru atau ungu pada buah dan sayuran. Kandungan pigmen itu juga mampu menjadikan antosianin dan flavonoin sebagai antioksidan. Sehingga buah berwarna biru seperti anggur, bit dan blueberri ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, melindungi otak dari kerusakan, menghambat sel tumor dan meningkatkan kemampuan penglihatan.

5. Putih
Buah-buahan berwarna putih mengandung alicin. Alicin ini bisa membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Manfaat lainnya alicin juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur berwarna putih di antaranya bawang putih, bawang bombay, kembang kol dan pir.

Sumber: Ahli nutrisi dr. Samuel Oetoro.

Demikian informasi seputar Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna semoga bermanfaat buat Anda semuanya. Baca juga Manfaat Makan Buah Pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar