Jumat, 03 Mei 2013

Memperbaiki cara pandang !

Mengapa orang berbuat jahat dan dosa ? karena cara pandang yang salah. Mengapa orang berbuat baik dan mempunyai semangat juang yang tinggi ? karena cara pandang yang dimiliki ! Bagaimana cara merubah cara pandang yang salah menjadi benar dan yang buruk menjadi baik ? 

Kita bahas dulu apa itu cara pandang ? cara pandang adalah sudut pandang, model atau cara seseorang melihat suatu hal atau persoalan. Kata lain dari cara pandang ini selain sudut pandang adalah paradigma, pendapat,opini , bersifat subjektif. Paradigma seseorang dipengaruhi oleh informasi yang diterima, pengetahuan, skill, pengalaman, struktur berfikir dan yang paling besar pengaruhnya adalah lingkungan.

Jika ingin merubah cara pandang seseorang maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki informasi yang terus menerus diterimanya artinya merubah informasi dan ilmunya atau pengetahuannya. Merubah informasi ini berkaitan dengan lingkungan, maka seseorang harus merubah lingkungan pergaulannya, mencari lingkungan yang bisa memberikan masukan atau informasi yang baik dalam hidupnya sehingga akan membentuk cara pandangnya terhadap sesuatu. Merubah lingkungan ini berarti merubah teman, bergaul dengan teman-teman yang diharapkan, terutama yang berstatus teman dekat,pacar,gang,komunitas dan sebagainya. Jika ingin tahu siapa seseorang itu maka lihatlah siapa temannya. dia tidak akan jauh dari temannya. Boleh berteman dengan siapa saja tetapi teman dekat harus dipilih karena pengaruhnya besar sekali, mereka pemasok informasi.

Yang kedua untuk merubah cara pandang adalah berani mengambil resiko untuk merubah lingkungan dan memilih lingkungan baru. Tidak jarang biasanya akan mendapat penentangan dari komunitas sebelumnya yang ditinggalkan, disinilah kekuatan mental diperlukan agar tetap kuat dan terus maju pantang mundur dan berani meninggalkan yang tidak baik. Jika tidak berani dicemooh dan dilecehkan dan bahkan ditinggalkan kawan lama yang tidak positif maka akan gagal dan selalu galau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar