Rabu, 24 Oktober 2012

Apa arti Idhul Adha bagi Muslim ?

Idhul Adha adalah hari raya qurban atau hari raya haji adalah peringatan untuk mengenang dan mengambil pelajaran perjalanan nabi Ibrahim as. Pelajaran apa yang bisa diambil ?

1. Kalau ingin dicintai Allah swt. qurbankan dirimu.
Maksudnya ? cinta itu perlu pengorbanan dan perlu pembuktian. Apa yang mau kau qurbankan ? harta ? nyawa ? waktu ? tenaga ? pikiran ? siapa yang paling banyak pengorbanannya ? dialah yang akan dicintai dan diterima amalnya. Semuanya milik Allah.

2. Yang dicintai yang paling tulus.
Bukan daging qurban itu yang sampai ke Allah tapi niatmu yang ihlas dan tulus. Orang-orang yang tulus ini yang ibadahnya diterima. Mereka berbuat segala sesuatu karena Allah.

3. Haji mabrur adalah yang paling kenal siapa Allah.
Orang yang paling ngerti dan paling kenal Allah adalah yang paling alim. Mereka bisa melihat Allah dengan mata hatinya, mereka yang mengerti apa yang menjadi kehendak Allah dalam hidupnya. Mereka yang mendedikasikan hidupnya kepada Allah. Siapa yang buta di dunia dia akan lebih buta di acherat kelak.

4. Solatlah engkau seakan-akan melihat Allah kalau tidak Allah melihatmu.
Pernahkan kita sholat melihatNya ? dan kita bisa melihatnya ? kalau tidak kita termasuk kategori yang kedua seakan-akan Dia melihatmu. Mengapa yang kedua karena kita belum ngerti siapa Da ?

Kita sibuk belajar ilmu dunia sampai dalam tapi tidak belajat ilmu akhirat lebih dalam.
Kita sibuk belajar ilmu achirat lebih dalan sehingga menguasai betul caranya ibdah tapi tidak sibuk mempelajari siapa yang akan menerima semua ibadah kita ? Belajar tauhid lebih utama dari belajar yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar