Kamis, 04 Oktober 2012

Siapa juara di MOTEGI, Jepang ?


Granprix MotoGp dunia putaran ke 15 akan digelar di lintasan Motegi Jepang pada 14 Oktober 2012 siapakah yang akan finis pertama ? Dani Pedrosa atau Jorge Lorenzo atau Valentino Rossi ? bahakan mungkin pembalap lain yang selama ini terus berada dibelakang dan susah mencapai urutan 123 ?

MotoGP seri ke-15 akhirnya singgah di negeri Sakura Jepang setelah sempat tertunda beberapa bulan di tahun 2011 akibat bencana alam tsunami dan krisis nuklir yang melanda negara tersebut.
Meski mendapat banyak kritikan dari beberapa pembalap, FIM yang telah melakukan penelitian independen bersama ARPA menyatakan secara resmi bahwa Sirkuit Twin Ring Motegi aman untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP musim 2011.


Sirkuit Twin Ring Motegi terletak di daerah bernama Motegi yang berada di bagian utara distrik Kanto. Sirkuit tersebut dibangun pada tahun 1997 oleh Honda dan resmi menjadi markas mereka hingga saat ini.
Sirkuit tersebut pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2000. Tujuan awal dibangunnya Twin Ring Motegi adalah untuk menarik olahraga Indy Car singgah di negeri matahari terbit tersebut.

Oleh karena itu, terdapat dua bagian di Sirkuit Motegi yaitu 1.5 mil sirkuit oval dan 2.9 mil sirkuit biasa berstandard Internasional.
Kelemahan dari sirkuit ini adalah akses jalan menuju sirkuit yang terbatas, tidak ada hotel yang berdiri dekat dengan sirkuit, serta letak grandstand kurang mendukung penglihatan penonton.

Profil Sirkuit
  • Nama : Twin Ring Motegi
  • Panjang : 4,8 km
  • Lebar : 15 km
  • Banyak Tikungan : 14
  • Tikungan kanan : 8
  • Tikungan Kiri : 6
  • Lap Tercepat : 1:45.543 –  Jorge Lorenzo (2008)
  • Sirkuit Rekor : 1:47.091 – Casey Stoner  (2008)
  • Juara 2010 : Casey Stoner
  • Daftar juara : 2008 Valentino Rossi Yamaha
                         2007 Loris Capirossi Ducati
                         2006 Loris Capirossi Ducati
                         2005 Loris Capirossi Ducati
                         2004 Makoto Tamada Honda    
  • Hasil di Aragon membuat persaingan antara Lorenzo dan Pedrosa semakin menarik
    Dengan posisi finis seperti ini otomatis poin antara Lorenzo dan Pedrosa kini berselisih 33 poin otomatis di seri motegi peluang pedrosa menjaga persaingan merebut gelar menjadi semakin besar, tapi patut di ingat bahwa kembalinya stoner akan membuat masalah bagi keduanya untuk menjadi kampiun di musim 2012 ini.
    Ini yang perlu dihati-hati came back nya stoner yang katanya telah siap karena cederanya kemaren
    dan siap bertarung di depan fan honda di montegi dan siap menolong teman satu tim Pedrosa untuk bisa juara dunia tahun ini.
    Apakah yang finis Stoner ? bisa jadi Pedrosa lebih berpeluang untuk finis pertama.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar