Rabu, 03 Oktober 2012

Orang pasif dan agresif.

Siapa yang disebut orang pasif dan orang agresif ? keduanya cermin tingkah laku yang ditunjukkan oleh binatang. Apakah orang pendiam disebut orang pasive ? apakah orang yang banyak ngomong termasuk orang agresif ? ternyata tidak sepenuhnya benar.

Orang yang pasif adalah orang yang  menghormati kepentingan orang lain dan mengabaikan kepentingannya sendiri. Orang ini bisa berkata ya tapi hatinya sesubgguhnya berkata tidak dan tidak bisa nebgungkap apa sebenarnya yang ingin dikatakannya. Orang pasif ini bermasalah dengan dirinya dan sanggup menyenangkan orang lain. Sikap yang penuh kepura-puraan ditunjukkannya karena bertentangan antara tindakan dan hatinya. Dengan demikian orang yang pendiam belum tentu orang yang pasif. Diam itu suatu sikap yang bisa bagus tetapi kalau pendiam bisa jadi sikap ini membuat seseorang apes alias tidak beruntung.

Orang yang agesif adalah orang yang menghormati kepentingannya sendiri dan mengabaikan kepentingan orang lain. Bagi dia yang penting kepentingannya ditunaikan dan tidak peduli dengan kepentingan atau perasaan orang lain.  Contoh sikap agresif ini misalnya ngebut di jalan, merokok ditempat umum. Sikap ini dikenal dengan egois.

Sikap mana yang terbaik ? adalah sikap ditengah-tengah yaitu sikap yang menghormati kepentingan dirinya dan orang lain. Sikap ini membuat seseorang tidak punya masalah dengan orang lain dan dirinya. Jika sikap pasif bermasalah dengan dirinya , sedangkan  agresif bermasalah dengan orang lain. Sikap yang menguntungkan ini dikenal dengan sikap Assertif. Ciri-ciri sikap assertif adalah terbuka,jujur,adil,mampu mengungkap perasaannya, mampu memberdayakan sekelilingnya,kompromi,,tegas,sederhana,berani ambil resiko,peka terhadap tanda-tanda,punya inisiatif. Dia mampu membuat alasan sehingga orang lain tidak tersinggung sehingga orang lain oke dan dirinya oke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar