Jumat, 02 Maret 2012

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

Banyak teori belajar yang efektif, tetapi yang paling benar adalah sesuai dengan bakat belajar masing-masing orang. Cara ini bisa dipahami dari kemampuan gaya belajar masing-masing. Untuk mengetahui gaya belajar ini bisa dilakukan dengan tes. Ada tiga gaya belajar yang mendasari cara belajar ini :
1.AUDITORY
Seseorang dengan tipe ini paling efektif belajar dengan banyak mendengar. Mereka lebih suka mendengar dari pada membaca. Saat belajar lebih suka dengan bunyi-bunyian, musik atau sambil berbicara. Jika kita termasuk tipe yang ini akan berhasil jika di kelas duduk di depan agar bisa mendengar dan tidak terlewat, atau direkam dan nanti diputar kembali. Tipe ini lebih suka mendengar ceramah diskusi dari pada nonton atau baca buku.
2. VISUAL
Tipe ini akan belajar efektif kalau melihat gambar atau tulisan. Mereka lebih suka menulis dan melihat gambar atau gerakan orang lain. Tipe ini akan susah belajar kalau hanya mendengarkan, saat dia menjelaskan sesuatu cenderung menulis atau mengoret-oret sesuatu. Tulisannya biasanya rapi dan teratur. Kemampuan visualisasinya tinggi artinya dia bisa mengingat sesuatu dengan menggambarkan dalam benaknya.
3. KINESTETIK
Tipe ini bisa belajar efektif dengan gerakan atau permainan contohnya belajar kelompok. Kinestetik adalah kemampuan gerak tubuh, seorang atlet mempunyai kemampuan ini sehingga dia mudah belajar dan efektif dengan melatih menggerakkan anggota tubuhnya. Tipe ini mempunyai daya konsentrasi yang tidak lama, dia harus banyak istirahat dengan menggerakkan bagian tubuhnya dan kembali ke pekerjaannya semula.
Dengan memahami type gaya belajar diats kita bisa menyesuaikan diri dengan kemampuan/bakat kita sehingga belajar bisa maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar