Kamis, 22 Maret 2012

Ringkasan Buku Being Happy

Buku Being Happy karangan Andrew Matthews adalah best seller dunia yang telah dibaca dunia pada sekitar tahun 1997. Buku ini saya jadikan pegangan pokok kuliah Pengembangan Diri karena didalamnya diajarkan prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan HUKUM ALAM. Pendekatan ini lebih natural dan membumi dan mengikuti perjalanan pemikiran para pencinta kebenaran sejak keberadaan manusia di alam semesta.
Pokok-pokok isi buku ini adalah :
1. Pola-pola.
Pola adalah kebiasaan yang telah tertanam dalam diri manusia dan mempengaruhi jalan hidupnya. Pola terbentuk sejak kecil, kumpulan perbuatan yang telah terkristalisasi dalam diri. Pola ini akan mempengaruhi sikap perilaku seseorang, hal ini dimungkinkan karena adanya mesin otomatis dalam diri yang akan menjalankan proses baik sadar maupun saat seseorang tidak sadar.
2. Hidup hari ini.
Menanam hari ini sebanyak banyaknya agar kita memperoleh kemungkinan panen banyak pada saatnya. Siapa yang menabur dia akan menuai. Tapi banyak orang yang hidup dimasa lalu dan selalu bersedih menyesali apa yang terjadi tapi tidak melakukan apa-apa. Trauma, sakit hati, menyesali adalah wujud orang yang hidup di masa lalu. Ada juga orang yang hidup di masa depan yang penuh dengan khawatir dan takut akan masa depannya, takut merupakan sesuatu yang wajar tapi ketakutan adalah hal yang terlalu dan tidak wajar. Sakit jantung, darah tinggi,stress, pobia adalah penyakit orang masa depan.Dalam agama dijelaskan bahwa ciri orang beriman adalah tidak takut dan tidak khawatir.Jika ingin bahagia maafkan orang lain dan diri sendiri.Memaafkan orang lain adalah mulia seberapa jahatnya orang tersebut kepada kita dimasa lalu, tapi memaafkan diri sendiri lebih sulit, maka belajar memaafkan orang lain ddan diri adalah kunci agar kita tidak hidup dimasa lalu. Berfikir masa depan memang harus karena kita perlu planning,visi ke depan tapi terlalu memikirkan masa depan yang tidak pasti adalah bencana untuk kesehatan otak kita. Berfikir yang pasti-pasti saja. Tidak ada yang abadi kecuali perubahan.
3. Hukum pikiran.
Apa yang anda pikirkan akan menjadi kenyataa, maka berhati-hati.Pikiran kita seperti magnet kuat yang akan menarik apapun yang kita pikirkan. jika kita berfikir negatif maka akan berpengaruh kepada semua gerak komponen tubuh kita. Jika kita berfikir positif maka semua gerakan kita akan menuju kepada keberhasila baik kita sadari atau tidak disadari.
4.Tujuan.
Jika ingin berhasil mencapai tujuan perhatikan banyak hal. Sadari bahwa tujuan itu perlu keberanian, berani menghadapi resiko,perlu ulet,daya tahan,usaha keras,komitmen yang tinggi,dan keberanian untuk gagal dan berhasil. Fokus kepada proses yang benar bukan kepada hasilnya, karena jika prosesnya salah maka hasilnya akan salah apalagi ditambah dengan keyakinan bahwa tuhanlah yang menentukan hasil bukan kita.
5. Belajar dari alam.
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari alam. Alam perlu waktu untuk tumbuh, ada siklus musim,istirahat dan perlu kasih sayang. Kita melihat yang terjadi untuk menumbuhkan pohon kecil jadi besar atau hewan kecil menjadi besar perlu waktu, kasih sayang,proses keberhasilan dan kegagalan ada waktu siang dan malam saling berganti ada waktu istirahat untuk hewan dan tumbuhan. Demikian juga proses yang terjadi pada manusia sama dengan alam. Belajar dari anak-anak yang lucu,kreatif tidak pandang bulu dan selalu punya cara untuk mendapatkan apa yang diingainkan. kita kadang malas belajar dari alam dan anak-anak ini. dsb.
Tunggu penjelasan saya lebih detail.

2 komentar: