Sabtu, 02 Juni 2012

Dimana diajarkan Pengembangan Diri ?

Pengembangan diri itu bukan pengembangan kepribadian.

Pengembangan kepribadian( personality development) cenderung mengajarkan hal-hal bersifat fisik dan luar, cara berbicara,bersikap,bergaul sebagai pribadi dalam pergaulan masyarakat dan kerja. Termasuk cara berjalan,berpakaian,berpidato,memimpin rapat, dan sebagainya. 
Ada sekolah kepribadian yang banyak diikuti oleh banyak selebritis dunia dan Indonesia juga, para excecutive, pria,wanita untuk meningkatkan karir mereka dan diikuti siapapun yang mau meningkatkan relasi pergaulannya. Salah satu sekolah itu adalah John Robert Power School yang pusatnya ada di Amerika dan cabangnya di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Pengembangan Diri mengajarkan tentang prinsip-prinsip hidup, merubah cara pandang, bagaimana menyelesaikan masalah baik dalam kehidupan maupun di dunia kerja. Prinsip hidup seseorang akan menentukan keberhasilan seseorang dan kebahagiaan seseorang bukan sekedar kesenangan. Jika seseorang telah menemukan jati dirinya maka hidupnya akan terasa tenang dan berguna. Pengembangan diri mengajarkan hal yang lebih dalam tentang keberhasilan yang hakiki, atau sejati dan kebahagiaan yang sejati.
Model pengembangan IQ ( Intellegence Quotien) tingkat kecerdasan seseorang agar bisa bekerja lebih cepat,teliti dan cepat mempertimbangkan sesuatu dan memutuskan sesuatu lebih cepat, pengembangan EQ ( Emotional Quotien) kecerdasan emosi agar bisa bersikap jujur,sopan dan bijaksana, serta pengembangan SQ(Spiritual Quotien) kecerdasan spiritual/hati agar bisa bersikap tulus,pandai bersyukur,tenang dan lebih dekat kepada tuhan akan menjadi dasar pengembangan. Tidak hanya cerdas otaknya tapi juga emosi dan hatinya. Menjadi manusia yang sempurna luar dalam.

Sekolah yang mengajarkan hal ini secara totalitas adalah PIKMI CLEdS Jember, salah satu lembaga profesi siap kerja yang ada di kota jember. Diakui PIKMI mempunyai sistem pembinaan yang terbaik di Jember.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar