Kamis, 07 Juni 2012

Mengapa mereka memilih PIKMI sebagai tempat kuliah ?

Berikut beberapa alasan yang diungkap alumni PIKMI (Pusat Ilmu Komputer dan Management Indoneisa) CLEdS Jember yang telah bekerja di berbagai tempat. PIKMI CLEdS Jember adalah lembaga pendidikan siap kerja  dengan program 1 tahun dan 2 tahun untuk lulusan SMU/SMK/MA dan Karyawan.

1. Di PIKMI diajarkan Pengembangan Diri.
Pengembangan diri adalah mata kuliah yang mengajarkan bagaimana kita harus bersikap professional dalam bekerja dan bagaimana kita bisa mempunyai paradigma yang benar dalam kehidupan, cara menyelesaikan masalah yang kita hadapi dan bagaimana seharusnya kita bersikap perilaku yang benar. Pengembangan diri melatih kita agar bisa memaksimalkan potensi IQ, EQ dan SQ yang kita miliki. Tidak hanya kita cerdas otak,tapi cerdas emosi dan cerdas hati. Cara pandang seseorang adalah dasar dari sikap perilaku dan sikap dan prinsip seseorang akan menentukan keberhasilan di masa depan. Istilah lain dari pengajaran ini adalah pencerahan kepada masing-masing individu mahasiswa tentang jati dirinya, dari mana,untuk apa dan mau kemana diri kita ini. Pencerahan tentang tujuan hidup manusia.

2. Di PIKMI diajarkan mentoring agama Islam.
Mentoring agama Islam adalah pembinaan dan bimbingan praktek keagamaan dalam kehidupan sehari-hari bagi yang muslim. Latar belakang mahasiswa tidak sama tentang kesadaran dan pengetahuan keagamaan karena datang dari latar belakang pendidikan yang berbeda, di PIKMI dibimbing dari dasar bagaimana seharusnya menjalankan agama dengan benar dalam kehidupan sehari-hari terutama di dunia kerja. Karyawan yang yakin dan taat serta takut kepada tuhan lebih bisa dipercaya oleh perusahaan karena mereka tidak perlu diawasi. Dasar pendidikan keagamaan yang diajarkan berpijak  berdasar Al-Quran dan Sunnah Rosul dengan mengikuti contoh dari orang-orang sholeh di masa lalu, tidak berada dan  berdiri dengan bendera organisasi tertentu.

3. PIKMI menerima mahasiswa dengan latar belakang agama apapun.
Di PIKMI diajarkan bertoleransi yang benar terhadap keyakinan orang lain dan perbedaan pendapat, saling menghormati pendapat yang berbeda dan agama yang berbeda tanpa ada perbedaan. Disini diajarkan hidup bertoleransi yang sebenarnya, maka tidak heran mahasiswa dengan latar belakang agama apapun ada disini dan aliran keyakinan agama dan kepercayaan yang lain boleh kuliah disini. Itu diajarkan supaya mahasiswa bisa mempraktekkannya dalam kehidupan di masyarakat dan terutama di dunia kerja.

4. PIKMI mengajarkan SPEED TYPING.
Speed typing adalah mata kuliah yang mengajarkan mengetik cepat dengan menggunakan sepuluh jari. Di mata kuliah ini mahasiswa dilatih setiap saat dengan teori dan praktek agar jari jemarinya terbiasa bergerak otomatis mengikuti papan ketik komputer dengan cepat dan benar dengan kecepatan tinggi tanpa melihat layar komputer. Batas kecepatan minimal untuk lulus adalah 200 ketukan permenit dengan benar dan akurat, itupun nilainya C, jadi kalau ingin dapat nilai A mereka harus berjuang keras untuk mempunyai kecepatan lebih tinggi dari itu. Standar yang dipakai adalah perusahaan internationa. Apa manfaat belajar speed typing ? kalau nanti sudah bekerja di kantor maka mereka bisa mengerjakan semua pekerjaan itu dengan cepat.

5.System perkuliahan memakai system kuartal bukan semester..
System kuartal adalah system pengajaran yang membagi satu tahun dengan 4 bulan menjadi 3 bagian masing-masing tiap kali ujian per 4 bulan,sedangkan semester membagi 1 tahun dengan 6 bulan menjadi 2 kali masing-masing setiap kali ujian per 6 bulan.  Keuntungan dari system kuartal ini mata kuliah yang di dapat lebih banyak dalam 1 tahun, jika misalnya system semester mendapat 10 mata kuliah kali 2 dalam satu tahun maka  dengan system kuartal mendapat 10 kali 3 menjadi 30 mata kuliah dalam satu tahu. Artinya senjata lebih banyak dan biaya lebih murah.


6. Pengajaran komputer langsung di LAB Komputer dengan assisten.
Biasanya pengajaran komputer dilakukan secara teori dan praktek di kelas dan di lab, tetapi system ini dilakukan langsung dipandu teori praktek di lab. Keuntungannya mahasiswa akan lebih banyak praktek langsung dan bimbingan langsung praktek dari assisten yang disipkan di Lab dengan maksimal kapasitas 20 orang, tidak boleh lebih dari itu untuk menjaga efektifitas pengajaran. 


7.  Terdapat program kontrak kerja dan penyaluran kerja dengan target sebelum wisuda telah mendapat kerja semuanya.
Diawali dengan program On The JOb Training (OJT) atau praktek magang di perusahaan selama 3 bulan merupakan program yang menghubungkan dan pembuktian kesiapan mahasiswa di dunia kerja, penyaluran kerja mulai dilakukan dan merespon banyak lowongan kerja dengan ketersediaan tenaga trampil dan siap mental. PIKMI menawarkan tenaga ini ke perusahaan dan selanjutnya perusahaan boleh memilih tenaga yang mana yang paling cocok, jika belum cocok PIKMI siap untuk membimbing dan melatihnya kembali.


8. Biaya boleh diangsur sesuai dengan kemampuan.
PIKMI tidak pernah mengeluarkan mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan, tapi dicarikan jalan keluar sesuai dengan kemampuannya. Hal ini dengan asumsi bahwa setiap orang bisa mengalami hal-hal yang tidak terduga dalam perjalanan hidupnya dan usahanya.


Ingin siap kerja dan cepat bekerja ? boleh dicoba! PIKMI dikenal dengan kedisiplinannya yang tinggi. Budaya tepat waktu benar-benar diterapkan. Bersikap jujur dan benar bukan hanya teori. Dunia kerja membutuhkan karyawan yang bisa dipercaya tidak sekedar pandai dan trampil.
Setelah bekerja bisa melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri sehingga nanti lulus sarjana dengan pengalaman kerja dan skill yang lebih baik.
Jika tidak ingin menganggur punyailah SKILL dan  latih di tempat yang tepat.
www.pikmicleds.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar