Kamis, 21 Maret 2013

Apa futurology itu ?

Tulisan ini untuk mendukung materi pembelajaran mahasiswa untuk mata kuliah futurology di PIKMI Cleds Jember.
Asal kata fururology adalah future dalam bahasa inggris yang berarti masa depan dan logos dalam bahasa yunani yang berarti ilmu. Futurology adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang prediksi masa depan dengan memakai prinsip-prinsip pengembangan diri yang sederhana. Prinsip pengembangan diri adalah hukum sebab akibat yang ada dalam kehidupan misalnya orang yang malas akan gagal dalam hidupnya.

Futurologi juga bukan ilmu perdukunan yang meramal masa depan dengan dasar mistis atau spiritual karena tidak berdasar ilmu pengetahuan atau ilmiah. Bukan juga ilmu astrology yang meramal watak manusia berdasar rasi bintang sehingga memunculkan indikasi perilaku terhadap bintang masing-masing berdasar tanggal kelahiran. Futurology adalah prediksi masa depan secara ilmiah dan masuk akal atau memakai akal sehat dengan dasar informasi secara keilmuan.

Dimasa lalu furturology ini bernama foresight yang berarti melihat jauh kedepan, atau lihat dan menganalisa secara mendalam tentang masa depan. Apa yang akan terjadi dimasa depan dan prediksi-prediksi ilmiah mendalam tentang kejadian-kejadian yang akan terjadi. Para pakar kemudian berbeda pendapat soal ini apakah futurology itu ilmu atau seni ? Jika keilmuan maka bisa dimunculkan dalil-dalil ilmiah untuk pembuktiannya jika seni maka tiap orang akan mempunyai rumus berbeda dan tidak bisa diajarkan. Hal ini sama seperti perbedaan management sebagai seni atau ilmu.

Apa pentingnya buat kita mempelajarinya ? tentu saja antisipasi masa depan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang akan banyak mempengaruhi kehidupan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar