Sabtu, 23 Maret 2013

Indonesia VS Arab Saudi ujian pertama Tim pilihan.

 Inilah ujian pertama penyatuan ISL dan IPL dengan materi terbaik kompetisi Indonesia serta kembalinya PSSI yang bersatu. Rahmad Darmawan dan Jacson F. Tiago akan diuji kematangannya sebagai pelatih nasional dengan reputasi terbaik di Indonesia.

Tim nasional Indonesia mencanangkan ambisi meraih kemenangan pertama dari Arab Saudi dalam pertandingan kedua Grup C kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (23/3) malam WIB.
Duet pelatih Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago terus menggembleng para pemain dengan waktu yang cukup singkat. Kedua pelatih ini ditunjuk menangani timnas senior satu pekan sebelum laga dimulai.

Itu menjadi salah satu rintangan yang mewarnai perjalanan timnas senior menjelang duel melawan Arab Saudi. Selain kontroversi pelatih, isu tak sedap, termasuk rumor pencoretan lima pemain, juga ikut memberi warna.
Kendati demikian, baik RD, sapaan Rahmad, mau pun Jacksen menyampaikan rasa optimis bisa mendapatkan hasil bagus di laga nanti. RD dan Jacksen sedikit banyak mempunyai gambaran mengenai lawan yang akan dihadapi.

Jajaran pelatih memperkirakan Arab Saudi bakal memaksimalkan permainan cepat, dan serangan dari sayap. Akurasi umpan para gelandang The Green Falcons juga patut diwaspadi.
“Kami tidak akan membiarkan mereka mendapat ruang di sektor tengah. Kami harus bisa melihat situasi di pertandingan, dan memotong aliran bola dengan cepat. Mereka punya winger yang cepat,” ujar RD.

“Walau Arab Saudi memiliki materi pemain bagus, dan diunggulkan di pertandingan nanti, tidak berarti kami akan bermain bertahan.”
Di lain pihak, kubu Arab Saudi memiliki kepercayaan diri setelah terjadi pergantian tongkat pelatih dari Frank Rijkaard ke Juan Ramon Lopez Caro. Di bawah asuhan pelatih asal Spanyol itu, Arab Saudi mengalahkan Cina 2-1 di laga pembuka Grup C, dan menggilas Malaysia 4-1 di pertandingan uji coba.

Selama menjalani pelatnas di Kuala Lumpur, Lopez Caro telah mengasah anak asuhnya dengan permainan menyerang, mengingat mereka ingin membuka peluang lebih lebar berlaga di putaran final di Australia.

“Gol pertama [melawan Malaysia] membuat kami menguasai permainan. Saya berharap para pemain bisa melanjutkan momentum [kemenangan] ketika menghadapi laga krusial melawan Indonesia,” ujar Caro dikutip The Malaysian Times.
 an disebar di berb


Seperti diketahui, Sabtu hari ini tim Garuda akan berhadapan dengan tim Elang Padang Pasir dalam pertandingan Pra-Piala Asia Australia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sebanyak 75.000 tiket dilepas PSSI untuk laga ini.

Duet berat itu akan menentukan apakah skuad timnas lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya, tim Garuda sudah menelan kekalahan 0-1 dari laga sebelumnya melawan Irak pada 6 Februari 2013.

Pelatih timnas Indonesia, Rahmad Darmawan, mengaku memiliki strategi untuk menghadapi Arab Saudi.

Arab Saudi optimistis bisa meraih poin penuh dari Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu, 23 Maret mendatang. Keyakinan itu dilontarkan salah seorang pemain Arab Saudi, Osama Hawsawi

"Kami bisa merebut tiga poin. Jika kami bisa menang, peluang lolos dari kualifikasi akan lebih besar," kata mantan pemain Anderlecht di Liga Belgia itu, dalam konferensi pers di kantor Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia, Jumat, 22 Maret 2013.

Arab Saudi saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015 dengan poin tiga. Perolehan itu sebenarnya sama dengan Irak, namun The Green falcon memiliki keunggulan mencetak gol, karena mengalahkan Cina dengan skor 2-1 di pertandingan pertama.

"Yang pasti pertandingan nanti akan sulit bagi kedua tim. Tapi semoga hasil baik bagi kami. Kami harus bekerja keras secara individu dan tim," kata pelatih timnas Arab Saudi, Juan Ramon Lopez Caro.

"Kami punya pemain muda yang bagus. Ini adalah waktu terbaik untuk mereka menunjukkan diri. Mereka pemain-pemain terbaik, sangat disiplin dan profesional," Juan menambahkan.

Secara peringkat Arab Saudi jauh berada di atas Indonesia. Catatan di Piala Asia antarkedua tim pun berbeda jauh. Arab Saudi tiga kali juara Asia. Adapun Indonesia maksimal hanya meramaikan putaran grup. Pada 2007 lalu di Jakarta, Arab saudi menang tipis 2-1 atas Indonesia lewat gol di penghujung pertandingan. Ikuti pertandingan Piala Asia di sini.

Head to Head Indonesia vs Arab Saudi:

7 Okt 2011 Arab Saudi 0 - Indonesia 0 UJI
15 Jul 2007 Arab Saudi 2 - Indonesia 1 ASIA

Lima Pertandingan Terakhir Indonesia:

6 Feb 2013 Irak 1 - Indonesia 0 ACQ
31 Jan 2013 Yordania 5 - Indonesia 0 UJI
1 Des 2012 Malaysia 2 - Indonesia 0 AFF
28 Nov 2012 Indonesia 1 - Singapura 0 AFF
25 Nov 2012 Indonesia 2 - Laos 2 AFF

Lima Pertandingan Terakhir Arab Saudi:

17 Mar 2013 Malaysia 1 - Arab Saudi 4 UJI
7 Feb 2013 Arab Saudi 2 - Cina 1 ACQ
12 Jan 2013 Kuwait 1 - Arab Saudi 0 GC
9 Jan 2013 Yemen 0 - Arab Saudi 2 GC
6 Jan 2013 Arab Saudi 0 - Irak 2 GC

Perkiraan Susunan Pemain Indonesia vs Arab Saudi:


Indonesia
: Meiga, Supardi, Igbonefo, M Robi, Tony, Manu Wanggai, Bustomi, Bachdim, Greg, Boaz, Van Dijk
Arab Saudi
: Waleed, Al Bishi, Hawsawi, Al Zori, Al Harbi, Al Dossari, Khariri, Al Jassim, Al Shehri, Hazazi, Al Salem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar