Selasa, 07 Agustus 2012

Cara menentukan VISI

Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dan alasan yang melatarbelakangi tujuan tersebut atau desebut juga cita-cita. Misi adalah cara atau langkah-langkah untuk mencapai visi tersebut. Kemampuan menentukan visi ini akan menentukan keberhasilan seseorang.
Menentukan visi ini bukan hal yang mudah bagi seseorang tapi bisa menjadi mudah bagi yang memang berbakat. Para ahli mengategorikan kemampuan menentukan visi ini merupakan kecerdasan tersendiri.
Mengapa Visi ini penting ? karena menentukan arah gerakan aktivitas dan perjuangan seseorang, jika visi ini salah maka dia akan berada di tempat yang salah demikian sebaliknya.
Bagaimana menentukan visi ini ?

1. Buatlah Visi berdasar bakat.
Bakat akan menentukan kecepatan seseorang dalam belajar karena dia pasti menyenangi bidangnya,berusaha mengasahnya dengan sebaik-baiknya dan akan mudah berprestasi dibidangnya masing-masing. Menentukan visi berdasar bakat ini akan membuat lebih focus pada bidang tujuannya.

2. Konsultasikan kepada orang yang lebih pengalaman.
Menentukan sebuah tujuan bukan suatu yang mudah apalagi menghendaki yang setepat-tepatnya. Konsultasi dengan orang lain adalah cara yang paling baik terutama orang yang memang mempunyai keahlian dan pengalaman dibidangnya. Semua itu untuk memastikan bahwa kita tidak akan rugi dan salah meentukan arah yang akan kita tempuh.

3. Punyailah komitmen yang tinggi untuk menjalankan misi.
Misi adalah langkah-langkah penjabaran sebuah visi. Jika misi sudah ditetapkan tinggal komitmtn tinggi untuk menjalankan apa yang telah ditetapkan. Kemampuan melaksanakan ini bergantung kepada kemauan, kemauan tergantung kepada bakat yang dimiliki.

Kemauan tinggi akan menghasilkan kemampuan.
Lebih baik menentukan tujuan tapi salah dari pada tidak mempunyai keberanian untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar