Jumat, 24 Agustus 2012

Idul Fitri

Bagi umat Islam saat ini moment silaturohim dalam rangka hari raya idul Fitri. Semua warga negara terutama di Indonesia masih mengikuti tradisi mudik pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga saling silaturohim. Apa arti Idul Fitri ? kembali suci dan bersih setelah berperang melawan hawa nafsu selama romadhon. Kembali suci karena kita saling bermaafan untuk semua kesalahan kita selama ini.

Suci dalam kontex agama maksud sebenarnya adalah bersih hatinya dari penyakit hati seperti iri,dengki,sombong,pamer, dan perbuatan maksiat yang lain. Membersihkan hati bukan hal yang mudah kecuali diberi rahmat dan dimudahkan oleh Allah.swt. Allah melihat niat dan hati kita bukan melihat tampilan luar kita. bersihnya hati berawal dari bersihnya pikiran dari hal negatif. Pikiran kita tergantung informasi yang masuk dan mempengaruhi pikiran.

Bersihnya hati akan menentukan kesolehan seseorang. kesolehan ini akan menentukan kedekatan kepada tuhan. Tuhan berkehendak menutup dan membuka hati seseorang. maka semestinya kita selalu membuat hati kita sebersih-bersihnya sehingga berhak menjalani idul fitri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar