Kamis, 02 Agustus 2012

Siapa orang pandai itu ?


Sebutan orang pinter atau pandai banyak diberikan orang kepada seseorang yang mempunyai pandangan yang luas dan bisa menjelaskan dengan  logis tentang sesuatu. .Kebanyakan orang melihatnya dari sisi komunikasi yang bagus dan pengetahuan yang luas serta keberhasilan usaha-usaha dunia. sebenarnya syah syah saja karena kita pasti mempunyai sudut pandang yang berbeda tentang apapun. SETIAP KEPALA AKAN MEMPUNYAI PARADIGMA YANG BERBEDA.
Sejak kecil sekolah kita mengukur kecerdasan itu dengan tingkat IQ,sekarang banyak macam kecerdasan yang bisa dijadikan ukuran, EQ,SQ atau multiple intelegences. Seseorang dengan IQ tinggi tidak jaminan mereka sukses. Ukuran suksespun berbeda, ada yang mengukur dengan dunia,spiritual dan sikap perilaku.
Berikut pendapat  tentang siapa sebenarnya orang pandai itu :

1. Perancang strategi.
Strategi perang,bisnis,pemerintahan,pencapaian tujuan merupakan hal yang dilihat orang sebagai keahlian orang-orang pinter dan keberanian.

2.Ahli dalam satu bidang.
Ahli teknologi,biologi, ilmuan dalam satu bidang dianggap orang pinter. Faktanya mereka ahli dibidang masing-masing dan tidak ahli dalam bidang lain. Keahlian bidang membuat spesialisasi yang semakin sempit.


3. Orang soleh atau bijaksana.
Ahli kebenaran atau kehidupan yang mampu menjelaskan tentang proses perjalanan hidup dengan permasalahannya. Keahlian ini sangat luas dan tidak terspesialisasi sempit.Kebisaan ini dimiliki oleh para nabi dan orang-orang alim.


Anda pilih menjadi pinter dengan ukuran yang mana ? Anda perlu pertimbangkan apa yang disampaikan oleh nabi muhammad, dia mengatakan bahwa orang yang terpandai diantara kamu adalah orang yang paling siap bekal untuk kematiannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar