Rabu, 29 Agustus 2012

Siapa Marc Márquez ?


Marc Márquez Alenta (lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida , Spanyol adalah pembalap MotoGP dan adalah pembalap juara dunia kelas 125cc di tahun 2010.

Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.
Márquez di GP Belanda 2010 .
Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.

Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin diatas Nicolas Terol dengan hanya satu seri yang tersisa. Di GP Portugal 2010 , bendera merah berkibar di balapan karena hujan,sebelum bendera berkibar Márquez berada diposisi kedua dibawah Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez terjatuh pada lap pemanasan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai start di belakang setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum lima menit menjelang start. Meskipun demikian, Márquez berusaha bangkit sejak start dan berhasil memenangkan perlombaan. Dengan demikian márquez memperpanjang keunggulannya sebelum seri terakhir di Valencia. Kemenangan kesepuluhnya pada musim 2010 membuatnya menyamai rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi pada tahun 1997.Marquez berada pada posisi keempat di balapan terakhir GP Valencia 2010 dan menjadikannya juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi.




Para pembalap MotoGP memberikan komentar mereka menyusul pengumuman Honda yang memberikan kesempatan kepada Marc Marquez untuk mendampingi Dani Pedrosa di Tim Repsol Honda mulai musim depan.

Kamis (12/7) di Mugello, HRC telah memberikan konfirmasi resmi kalau Marc Marquez bakal membalap di dalam tim pabrikan mereka pada musim 2013 dan 2014.
Marquez akan menggantikan posisi Casey Stoner yang akan pensiun pada akhir musim ini menyusul dihapusnya aturan rookie yang sebelumnya melarang pembalap baru untuk bergabung bersama tim pabrikan pada tahun pertama berkompetisi di kelas MotoGP.
Marc Marquez akan berusia 20 tahun saat dirinya naik ke kelas MotoGP tahun 2013. Pembalap muda berkebangsaan Spanyol tersebut telah mampu meraih juara dunia di kelas 125cc pada musim 2010.
Kemudian, Marc Marquez menyelesaikan musim 2011 dengan meraih ranking kedua pada klasemen akhir Moto2. Kini, pembalap Moto2 tersebut berada di puncak klasemen sementara.
Secara keseluruhan, Marquez sudah menggenggam 21 kemenangan dan 32 podium saat berlaga di ajang MotoGP. Prestasi gemilang yang dicapainya tersebut membuat kagum para pembalap yang saat ini berlaga di kelas premier. Mereka merasa antusias untuk menyambut kedatangan pembalap yang diramalkan bakal meraih kesuksesan saat membalap di kelas MotoGP, bahkan sejak debutnya musim depan.
Jorge Lorenzo:
“Saya kira memiliki seorang pembalap untuk bertarung bersama kami tahun depan  merupakan kabar bagus untuk MotoGP dan kejuaraan. Saya pikir dia akan bisa membalap cukup cepat sejak awal, sejak balapan pertama, sejak latihan pertama. Dani dan Marquez merupakan pasangan yang bagus dengan sponsor Spanyol. Ini merupakan kabar bagus bagi Spanyol dam kejuaraan ini.”
Dani Pedrosa:
“Saya setuju dengan Jorge, MotoGP lebih sulit dan kami harus melihat bagaimana dia memulai musim depan sejak awal. Tetapi tentu saja, dia merupakan seorang pembalap yang sangat bertalenta dan kansnya untuk bertarung bersama kami tak diragukan lagi.”
Casey Stoner:
“Semua orang sudah tahu opini saya terhadap Marc dan kemampuan yang dimilikinya. Saya kira dia sudah menunjukkan keinginannya (untuk naik ke kelas MotoGP) dengan memimpin klasemen sementara (Moto2). Jadi, akan menarik untuk melihat bagiamana dia membalap tahun depan. Tentu saja menghapus aturan rookie merupakan keputusan terbaik.”
Andrea Dovizioso:
“Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang bisa Marquez lakukan pada dua musim yang akan datang. Dia merupakan pembalap cepat dan tangguh, serta saya memiliki kedekatan dengannya. Saya sangat tertarik karena gaya balapnya istimewa dan saya ingin mengetahui bagaiamana dia saat membesut motor MotoGP. Saya kira terdapat perbedaan besar, nampaknya di Moto2 Anda tak bisa mengubah banyak motornya, namun di MotoGP Anda bisa melakukan apa saja.”
Valentino Rossi:
“Saya sangat menyukai Marquez. Saya kira dia merupakan pembalap yang masih sangat muda namun telah menunjukkan banyak potensi yang dimilikinya untuk menjadi sang juara dunia MotoGP pada masa yang akan datang. Dia sangat tangguh dan cepat. Terkadang dia juga memenangkan balapan sulit saat dia bukan menjadi rider tercepat di atas trek. Kemampuan seperti ini sangat penting. Saya kira seorang rookie yang bergabung bersama Repsol Honda merupakan pencapaian fantastis, karena itulah jalan terbaiknya. Jadi, kami menunggu kehadirannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar