Sabtu, 04 Agustus 2012

Cara mengenal diri

Mengenal diri sendiri memang tidak mudah. mengenal orang lain kadang lebih mudah, soal yang ini tanyakan saja pada wanita dan orang-orang yang punya sifat iri. Ada perkataan orang bijaksana di jaman dulu siapa yang kenal dirinya maka dia akan kenal tuhannya, itu sangat benar bagi orang yang sampai kepada pemahaman dan setelah pencarian panjang. Inilah ciri kualitas pribadi seseorang dia mampu mengenal dirinya.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenal diri kita :
1. Merenung tentang diri.
Pencari sejati dia tidak akan pernah berhenti belajar mengenal dirinya. Mereka merenungkan tentang keberadaan dirinya, dari mana,mau kemana dan apa yang harus dilakukannya. Merenungkan tentang asal usul manusia khususnya diri kita membuat kita lebih jernih berfikir tentang kehidupan dan penemuan jati diri.

2. Bertanya kepada orang lain.
Orang lain kadang lebih mengenal diri kita dibanding diri sendiri, karena orang lain melihat seluruh tampilan dan sikap kita setiap saat, mereka bisa merasakan. Bertanya kepada orang yang bisa dipercaya akan lebih objective dari pada kepada sembarang orang. Bertanya kepada orang yang lebih paham kehidupan dari pada orang yang kurang pengalaman.

3. Berdoa kepada tuhan.
Mintalah kepada tuhan agar Dia menunjukkan tentang jati diri kita. Informasi lewat kejadian atau isyarat lewat mimpi bisa terjadi sebagai jawaban dari tuhan. Berkomunikasi dengan tuhan perlu dikembangkan agar kita mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.

Pencarian dan pengenalan diri tidak akan pernah berakhir sampai kematian kita. Memakai secara maksimal apa yang telah diberikan tuhan kepada kita adalah jawaban yang bijaksana untuk penemuan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar