Sabtu, 13 April 2013

Bencana besar dunia 100 juta tahun kedepan !

Setidaknya ada dua bongkahan besar seluas benua di bumi akan bertumbukan akibat pergeseran lempeng bumi sejauh 2, 9 ribu km di bawah Samudera Pasifik.

Seperti yang diberitakan oleh The Telegraph (11/2), jika tumbukan ini terjadi, maka akan tercipta sebuah kawah sebesar negara bagian Florida, AS. Menurut para seismolog, hal ini tentunya bisa menyebabkan letusan seperti gunung berapi.

Untungnya, bahaya ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Diperkirakan bencana tersebut akan terjadi pada 100 hingga 200 juta tahun ke depan.

Tumbukan batu ini sendiri pertama kali diketahui pada tahun 90-an. Hal ini diketahui setelah meneliti beberapa tempat vulkanik aktif di Pasifik Selatan dan Afrika.

Para peneliti pun kemudian menyimpulkan bahwa hal ini akan menyebabkan kerusakan besar. Dr Michael Thorne, pemimpin penelitian, mengemukakan, "Apa yang kami deteksi adalah permulaan dari sebuah kerusakan besar di bumi".

Seperti yang ditulis dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters, disebutkan bahwa hal ini bisa menyebabkan dua macam letusan yang berbeda. Yang pertama adalah ledakan supervolcano yang mampu menghasilkan debu vulkanik yang bisa mempengaruhi kehidupan kita. Sedangkan dampak kedua adalah letusan banjir basalt yang bisa mengubur seluruh daerah di bumi di bawah batuan beku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar