Sabtu, 13 April 2013

Rafid Topan Sucipto

Rafid Topan Sucipto pembalap kebanggaan Indonesia yang didukung oleh Evalube pada event dunia Moto2 2013, terbilang beruntung berhasil mencapai finish ke-26 dari 32 peserta pada seri pertama di Moto2 2013. Kendati hasilnya belum sesuai dengan harapan, tapi progresnya untuk beradaptasi dengan ajang balap dunia cukup bagus.

Persaingan di Moto2 berlangsung ketat, dimana rata-rata pembalap Moto2 telah mengikuti minimal 8 tahun.  Event Moto2 ini adalah even kelas dunia yang tahun ini Indonesia berkesempatan menurunkan pembalap terbaiknya yaitu Rafid Topan Sucipto yang tergabung dalam Tim QMMF.  

lahir di Jakarta, Indonesia, 24 Agustus 1994; umur 18 tahun

Siapa sih Rafid Topan Sucipto? Gimana bisa ujug-ujug dia gabung ke tim Moto2 QMMF gitu? Rafid Topan baru berusia 18 tahun, tahun ini balapan di kejuaraan supersport 600 cc Asia bareng Doni Tata dan kejurnas supersports Qatar (LARRS) dengan sponsor Yamaha. Jadi Topan memang udah nggak asing lagi sama negara Qatar. Topan juga merupakan juara bertahan kejuaraan Petronas Asia Road racing kelas underbone 115 cc. Emang punya bakat balap nih anak.

Prestasinya dilirik QMMF yang mengajaknya bergabung untuk menemani Anthony West di musim Moto2 2013. Topan didukung dana patungan dari QMMF (IMI nya Qatar) dan Ikatan Motor Indonesia. Tapi dari dana sekitar 1,5 juta hingga 2 juta Euro, IMI cuman kebagian support dana sekitar 350.000 euro aja. Sedikit kan? Nah masa iya dana segini nggak bisa dicari IMI? Demi pembalap yang akan membawa harum nama bangsa gitu lho.

Rafid Topan Sucipto mengukirkan catatan khusus di ajang Moto2 2013. Pasalnya, pebalap muda asal Indonesia ini mencatatkan dirinya sebagai pebalap termuda di Moto2 2013.

Rafid Topan yang memperkuat tim Qatar Motor & Motorcycle Federation (QMFF) ini baru menginjak usia 18 tahun. Menariknya lagi, rekan satu tim Topan yakni Anthony West dinyatakan sebagai rider tertua dengan usia 30 tahun di kelas Moto2 2013 ini.

Kelas Moto2 tahun ini juga tidak lagi dihuni sepuluh pebalapnya, diantaranya adalah  Marc Máruqez, Elene Rosell, Gino Rea, Bradley Smith, Andrea Iannone, Marco Colendrea, Claudio Corti, Roberto Rolfo, Max Neukirchner dan Eric Granado. Dari sepuluh pebalap ini, empat diantaranya naik ke kelas MotoGP, yakni Marc Marquez, Bradley Smith, Andrea Iannone, dan Claudio Corti, sementara Eric Granado berpindah ke Moto3.

Dengan tidak hadirnya kesepuluh pebalap Moto2 sebelumnya, membuat kelas Moto2 dihuni oleh wajah-wajah baru, dua diantaranya adalah pebalap asal Indonesia, Rafid Topan Sucipto dan Doni Tata Pradita. Sedangkan juara Moto3 tahun lalu, Sandro Cortese juga turut meramaikan seri perdana Moto2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar