Kamis, 25 April 2013

Mobil masa depan Indonesia !

Kendaraan listrik merupakan solusi masa depan untuk mewujudkan kelestarian lingkungan dan ketahanan nasional di bidang energi. Untuk menjawab tantangan tersebut, dibutuhkan sinergi yang kuat antara akademisi, industri dan pemerintah sesuai dengan peranannya masing-masing.
 
Hal itu disampaikan oleh Prof.Dr.Ir.H.R.Danardono Agus Sumarsono, DEA.,PE., Guru Besar Tetap Universitas Indonesia (UI) bidang teknik otomotif dan desain rancang bangun mekanikal, yang baru saja dikukuhakan.

Menurutnya, ketiga pihak tersebut harus memiliki saling ketergantungan satu dengan lainnya agar
dapat mendukung kemandirian industri alat transportasi darat nasional.
“Salah satu ikon produk kendaraan masa depan menggunakan teknologi sangat maju dalam sistem transportasi modern Indonesia adalah mobil listrik nasional,” jelasnya.
Menurut pemegang paten “alat pengatur variasi gerak terputus-putus penghapus kaca kendaraan bermotor” ini, tantangan utama kendaraan listrik terletak pada teknologi baterai yang merupakan sumber pasokan energi utama kendaraan listrik.




“Tantangan lain yang harus diantisipasi dan dikawal oleh pemerintah guna terciptanya Mobil Nasional adalah dalam menjawab tekanan dari produsen otomotif asing yang sangat resisten dan berkepentingan, karena menguasai pangsa pasar sangat besar di Indonesia,” paparnya.

Pemaparan mengenai kendaraan listrik itu disampaikan Prof. Danadorno dalam pidato berjudul “Menuju Kemandirian Industri Alat Transportasi Darat Nasional Masa Depan Berbasis penguasaan teknologi Rancang Bangun dan Manufaktur”, saat pengukuhannya sebagai Guru Besar Tetap UI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar