Kamis, 08 November 2012

Indonesia harus mandiri.“Lomba Blog HUT Bank Mandiri”

Mandiri merupakan sikap yang tidak banyak tergantung kepada orang lain atau pihak lain selain kekuatan dirinya. Untuk bisa mandiri seseorang harus mempunyai kekuatan atau keahlian yang telah diasahnya atau diandalkan. Andalan ini yang akan dipakainya kerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.

Masyarakat adalah kumpulan dari individu yang kemudian membentuk negara. Indonesia adalah kumpulan individu yang membentuk masyarakat negara yang bisa mandiri karena kekuatan yang diandalkannya dalam percaturan dunia international. Banyak inovasi dan potensi dasar yang dimiliki Indonesia sebagai negara. Apa saja kekuatan indonesia yang bisa diperjuangkan ?

1. Kekuatan sumber daya alam.
Siapa yang bisa memungkiri bahwa Indonesia negara kaya sumber alam, bangsa di dunia mengetahuinya sejak jaman penjajah. Masalahnya bagaimana mengolahnya dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Indonesia memerlukan para ahli dan sumber daya yang mampu menggali dan mengelola sumber laut,tambang dsb. Kekayaan alam ini akan membuat Indonesia disegani negara lain dan mandiri dalam ekonomi.
2. Kekuatan sumber daya manusia.
Siapa yang bisa memungkiri bahwa Indonesia termasuk negara berpenduduk besar  ? artinya kalau jumlah itu dikelola dengan baik apa yang tidak mungkin terwujud ? bagaimana cara mengelolanya ? tinggal niat yang sungguh-sungguh. Kendali ada di pemerintah untuk memberdayakan pendidikan dan sistem yang memungkinkan para ahli Indonesia bisa bekerja di negara sendiri bukan di luar negeri karena menjanjikan. SDM akan menjadikan Indonesia negara mandiri.

3. Pengalaman International.
Indonesia telah banyak berkecimpung dalam organisasi International seperti PBB,Opec,ASIAN,NON BLOK, dll dan berpengalaman dalam menangani masalah dan hubungan international, modal ini yang sangat memungkinkan untuk mengelola negara sendiri dalam percaturan dunia. Pengalaman ini akan menjadi modal besar untuk mandiri.

4.Kemajemukan budaya dan spiritual.
 Dunia mengenal Indonesia sebag`i negara besar dengan penduduk besar, budaya beragam dan kepercayaan dan agama yang beragam tetapi bisa hidup tentram dan damai.  Bidang wisata akan membuat bangsa ini lebih besar dan maju. Pengelolaan wisata menumbang pemasukan besar devisa dan cukup untuk menjadikan kita negara mandiri.

5. Toleransi beragama.
Hal lain yang selalu menjadikan Indonesia sorotan dan tempat belajar bagi negara lain adalah kehidupan beragama dan toleransi beragama. Negara dengan beragam agama dan kepercayaan dan suku bangsa menjadi hal penting dalam kehidupan toleransi. Kemampuan ini akan menjadikan Indonesia negara  besar dan mandiri.

Indonesia adalah negara yang mempunyai potensi besar sebagai negara berdaulat dalam segala hal dan tidak tergantung kepada kekuatan dan dipengaruhi kekuatan lain.
Sudah saatnya negara ini merdeka yang sesungguhnya, bukan hanya dari penjajahan territorial dan kedaulatan bangsa tetapi merdeka dalam bidang ekonomi, keamanan,politik,pendidikan,ideologi dan dalam segala bidang kehidupan masyarakat. Potensi itu telah dimiliki oleh Indonesia tinggal siapa yang berani untuk memulainya ? Indonesia membutuhkan seorang negarawan sejati.

"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar